banner image

Ads Top

Tutorial Membuat Bentuk (Objek) Dengan OpenGL Dengan Menggunakan Dev C++ Part 1

Hallo guys Assalamualaikum...apa kabar? pasti baik kan... alhamdulillah, Ok kali ini saya akan memberikan tutorial dalam membuat beberapa objek dengan OpenGL dengan menggunkan Dev C++, ada yang tau apa itu Dev C++ ??
kalian kalangan TI/RPL/TKJ pasti tau lah ya.....
Dev C++ itu adalah  sebuah IDE (Integrated Development Environment) C / C++ yang sudah dilengkapi dengan TDM-GCC Compiler (bagian dari GNU Compiler Collection / GCC), yang berfungsi untuk membuat/memudahkan dalam membuat suatu program,mampu dalam palacakan kesalahan dalam menulis kan kode/scrip,dsb.Ok langsung aja saya akan memberikan beberapa tutorial membuat suatu bentuk (titik/kotak/garis/segilima) menggunakan aplikasi ini, kali ini saya menggunakann Dev C++ versi 5.4.1, kalian juga bisa menggunkan versi lainnya ya, sama kok mungkin ada kemiripan sedikit sedikit, dan semoga tutorial kali ini bisa membantu sobat semua ya....





  1. Yang pertama kita membuat objek titik posisi ditengah, kalian tinggal copy aja kode/script dibawah ini :

#include <windows.h>
#include <GL/glut.h>
#include <GL/glut.h>
void titik ();
main(int argc, char** argv)
{
glutInit(&argc,argv);
glutInitWindowSize(300,300); 
glutInitWindowPosition(100,100); 
glutCreateWindow("Membuat Titik tengah"); 
glutDisplayFunc(titik); 
glutMainLoop();
}
void titik()
{
glPointSize(10);
glBegin(GL_POINTS);
glColor3f(1, 0, 1);
glVertex2f(0,0);
glEnd();
glFlush();
}


Dari Script diatas akan menghasilkan gambar seperti di bawah ini :

Sebelum saya lanjutkan, ada sedikit pengertian nih untuk sobat masalah script.
Pada script :
glutInitWindowSize(); 
Adalah ukuran/size pada tampilan output saat sobat meng-Compile & Run, sedangkan pada script :
glutInitWindowPosition();
Adalah untuk ukuran/size bentuk objek yang dibuat.
Tambahan.
glColor3f();
Kode/Script Untuk warna pada objek yang kita buat.
glVertex2f();
Kode/Script untuk tata letak objek yang kita buat.


Ok kita lanjutkan....


2. Yang kedua, Membuat Objek Garis :

#include <windows.h>
#include<GL/glut.h>
void titik();
main (int argc, char** argv)
glutInit(&argc,argv); 
glutInitDisplayMode(GLUT_SINGLE|GLUT_RGB); 
glutInitWindowSize(400,400); 
glutInitWindowPosition(100,100); 
glutCreateWindow("Project"); 
glClearColor(0.0, 0.0, 0.0, 0.0); 
glMatrixMode(GL_PROJECTION); 
glOrtho(0.0, 1.0, 0.0, 1.0, -1.0, 1.0); 
// glOrtho(1.0, 1.0, 1.0, 1.0, -1.0, 1.0); 
glutDisplayFunc(titik); 
glutMainLoop();
}
void titik()
{ glClear(GL_COLOR_BUFFER_BIT); 
glBegin(GL_LINES); 

glColor3f(1.0, 1.0,1.0); 
glVertex2f(-1.50, 0.50); 
glColor3f(1, 1.0, 1); 
glVertex2f(1.50, 0.50); 

glPointSize(80.0f); 
glEnd(); 
glFlush();
}


Posisi garis nya di tengah ya guys, jika sobat mau merubah posisi bisa, tinggal rubah aja pada
glVertex2f
Hasilnya seperti pada gambar dibawah ini  :

3.Selanjutnya Kode/Script untuk membuat objek segilima :

#include <windows.h>
#include<GL/glut.h>
void titik();
main (int argc, char** argv)
glutInit(&argc,argv); 
glutInitDisplayMode(GLUT_SINGLE|GLUT_RGB); 
glutInitWindowSize(500,500); 
glutInitWindowPosition(100,100); 
glutCreateWindow("Membuat Segilima"); 
glClearColor(0.0, 0.0, 0.0, 0.0); 
glMatrixMode(GL_PROJECTION); 
glOrtho(0.0, 1.0, 0.0, 1.0, -1.0, 1.0); 
// glOrtho(1.0, 1.0, 1.0, 1.0, -1.0, 1.0); 
glutDisplayFunc(titik); 
glutMainLoop();
}
void titik()
{ glClear(GL_COLOR_BUFFER_BIT); 
glBegin(GL_LINES); 

glColor3f(1.0, 1.0,1.0); 
glVertex2f(0.15, 0.75); 
glColor3f(0.1, 1.0, 1.0); 
glVertex2f(0.30, 0.25); 

glColor3f(1.0, 1.0,1.0); 
glVertex2f(0.50, 0.95); 
glColor3f(0.1, 1.0, 1.0); 
glVertex2f(0.15, 0.75); 

glColor3f(1.0, 1.0,1.0); 
glVertex2f(0.85, 0.75); 
glColor3f(0.1, 1.0, 1.0); 
glVertex2f(0.70, 0.25); 

glColor3f(1.0, 1.0,1.0); 
glVertex2f(0.70, 0.25); 
glColor3f(0.1, 1.0, 1.0); 
glVertex2f(0.30, 0.25); 

glColor3f(1.1, 1.1,0.0); 
glVertex2f(0.85, 0.75); 
glColor3f(0.1, 1.0, 1.0); 
glVertex2f(0.50, 0.95); 


glPointSize(50.0f); 
glEnd(); 
glFlush();
}

Akan mengasilkan seperti pada gambar dibawah ini :

Ok...sekian dulu tutorial dari saya, kita akan buat part 2 nya.Ditunggu ya.
Selamat mencoba....
Terima kasih. Wassalamualaikum Wr.Wb. 





Tutorial Membuat Bentuk (Objek) Dengan OpenGL Dengan Menggunakan Dev C++ Part 1 Tutorial Membuat Bentuk (Objek) Dengan OpenGL Dengan Menggunakan Dev C++ Part 1 Reviewed by @ikas on December 17, 2018 Rating: 5

2 comments

  1. agak bingung,tapi setelah mencoba lumayan gampang juga ternyata,tingkatkan.....

    ReplyDelete
  2. ada part lanjutan gak gan?

    ReplyDelete

Video of the Day

About Me
Munere veritus fierent cu sed, congue altera mea te, ex clita eripuit evertitur duo. Legendos tractatos honestatis ad mel. Legendos tractatos honestatis ad mel. , click here →