Tutorial Membuat Bentuk (Objek) Dengan OpenGL Dengan Menggunakan Dev C++ Part 1
Hallo guys Assalamualaikum...apa kabar? pasti baik kan... alhamdulillah, Ok kali ini saya akan memberikan tutorial dalam membuat beberapa objek dengan OpenGL dengan menggunkan Dev C++, ada yang tau apa itu Dev C++ ??
kalian kalangan TI/RPL/TKJ pasti tau lah ya.....
Dev C++ itu adalah sebuah IDE (Integrated Development Environment) C / C++ yang sudah dilengkapi dengan TDM-GCC Compiler (bagian dari GNU Compiler Collection / GCC), yang berfungsi untuk membuat/memudahkan dalam membuat suatu program,mampu dalam palacakan kesalahan dalam menulis kan kode/scrip,dsb.Ok langsung aja saya akan memberikan beberapa tutorial membuat suatu bentuk (titik/kotak/garis/segilima) menggunakan aplikasi ini, kali ini saya menggunakann Dev C++ versi 5.4.1, kalian juga bisa menggunkan versi lainnya ya, sama kok mungkin ada kemiripan sedikit sedikit, dan semoga tutorial kali ini bisa membantu sobat semua ya....
kalian kalangan TI/RPL/TKJ pasti tau lah ya.....
Dev C++ itu adalah sebuah IDE (Integrated Development Environment) C / C++ yang sudah dilengkapi dengan TDM-GCC Compiler (bagian dari GNU Compiler Collection / GCC), yang berfungsi untuk membuat/memudahkan dalam membuat suatu program,mampu dalam palacakan kesalahan dalam menulis kan kode/scrip,dsb.Ok langsung aja saya akan memberikan beberapa tutorial membuat suatu bentuk (titik/kotak/garis/segilima) menggunakan aplikasi ini, kali ini saya menggunakann Dev C++ versi 5.4.1, kalian juga bisa menggunkan versi lainnya ya, sama kok mungkin ada kemiripan sedikit sedikit, dan semoga tutorial kali ini bisa membantu sobat semua ya....
- Yang pertama kita membuat objek titik posisi ditengah, kalian tinggal copy aja kode/script dibawah ini :
#include <windows.h>
#include <GL/glut.h>
#include <GL/glut.h>
void titik ();
main(int argc, char** argv)
{
glutInit(&argc,argv);
glutInitWindowSize(300,300);
glutInitWindowPosition(100,100);
glutCreateWindow("Membuat Titik tengah");
glutDisplayFunc(titik);
glutMainLoop();
}
void titik()
{
glPointSize(10);
glBegin(GL_POINTS);
glColor3f(1, 0, 1);
glVertex2f(0,0);
glEnd();
glFlush();
}
Dari Script diatas akan menghasilkan gambar seperti di bawah ini :
Sebelum saya lanjutkan, ada sedikit pengertian nih untuk sobat masalah script.
Pada script :
glutInitWindowSize();Adalah ukuran/size pada tampilan output saat sobat meng-Compile & Run, sedangkan pada script :
glutInitWindowPosition();
Adalah untuk ukuran/size bentuk objek yang dibuat.
Tambahan.
glColor3f();Kode/Script Untuk warna pada objek yang kita buat.
glVertex2f();Kode/Script untuk tata letak objek yang kita buat.
Ok kita lanjutkan....
2. Yang kedua, Membuat Objek Garis :
#include <windows.h>
#include<GL/glut.h>
void titik();
main (int argc, char** argv)
{
glutInit(&argc,argv);
glutInitDisplayMode(GLUT_SINGLE|GLUT_RGB);
glutInitWindowSize(400,400);
glutInitWindowPosition(100,100);
glutCreateWindow("Project");
glClearColor(0.0, 0.0, 0.0, 0.0);
glMatrixMode(GL_PROJECTION);
glOrtho(0.0, 1.0, 0.0, 1.0, -1.0, 1.0);
// glOrtho(1.0, 1.0, 1.0, 1.0, -1.0, 1.0);
glutDisplayFunc(titik);
glutMainLoop();
}
void titik()
{ glClear(GL_COLOR_BUFFER_BIT);
glBegin(GL_LINES);
glColor3f(1.0, 1.0,1.0);
glVertex2f(-1.50, 0.50);
glColor3f(1, 1.0, 1);
glVertex2f(1.50, 0.50);
glPointSize(80.0f);
glEnd();
glFlush();
}
Posisi garis nya di tengah ya guys, jika sobat mau merubah posisi bisa, tinggal rubah aja pada
glVertex2f
Hasilnya seperti pada gambar dibawah ini :
3.Selanjutnya Kode/Script untuk membuat objek segilima :
#include <windows.h>
#include<GL/glut.h>
void titik();
main (int argc, char** argv)
{
glutInit(&argc,argv);
glutInitDisplayMode(GLUT_SINGLE|GLUT_RGB);
glutInitWindowSize(500,500);
glutInitWindowPosition(100,100);
glutCreateWindow("Membuat Segilima");
glClearColor(0.0, 0.0, 0.0, 0.0);
glMatrixMode(GL_PROJECTION);
glOrtho(0.0, 1.0, 0.0, 1.0, -1.0, 1.0);
// glOrtho(1.0, 1.0, 1.0, 1.0, -1.0, 1.0);
glutDisplayFunc(titik);
glutMainLoop();
}
void titik()
{ glClear(GL_COLOR_BUFFER_BIT);
glBegin(GL_LINES);
glColor3f(1.0, 1.0,1.0);
glVertex2f(0.15, 0.75);
glColor3f(0.1, 1.0, 1.0);
glVertex2f(0.30, 0.25);
glColor3f(1.0, 1.0,1.0);
glVertex2f(0.50, 0.95);
glColor3f(0.1, 1.0, 1.0);
glVertex2f(0.15, 0.75);
glColor3f(1.0, 1.0,1.0);
glVertex2f(0.85, 0.75);
glColor3f(0.1, 1.0, 1.0);
glVertex2f(0.70, 0.25);
glColor3f(1.0, 1.0,1.0);
glVertex2f(0.70, 0.25);
glColor3f(0.1, 1.0, 1.0);
glVertex2f(0.30, 0.25);
glColor3f(1.1, 1.1,0.0);
glVertex2f(0.85, 0.75);
glColor3f(0.1, 1.0, 1.0);
glVertex2f(0.50, 0.95);
glPointSize(50.0f);
glEnd();
glFlush();
}
Akan mengasilkan seperti pada gambar dibawah ini :
Ok...sekian dulu tutorial dari saya, kita akan buat part 2 nya.Ditunggu ya.
Selamat mencoba....
Terima kasih. Wassalamualaikum Wr.Wb.
Tutorial Membuat Bentuk (Objek) Dengan OpenGL Dengan Menggunakan Dev C++ Part 1
Reviewed by @ikas
on
December 17, 2018
Rating:
agak bingung,tapi setelah mencoba lumayan gampang juga ternyata,tingkatkan.....
ReplyDeleteada part lanjutan gak gan?
ReplyDelete