Tutorial Membuat Objek Dengan OpenGL Menggunakan Dev C++ Part 2
Halllllllo semuanya, Assalamualaikum.Apa kabar? Pasti baik
kan, Alhamdulillah.
Ok guys, kali ini saya akan memberikan tutorial part 2,
lanjutan tutorial yang mana hayoooo, hehe.Tutorial saya yang part 1 kemaren Dev
C++ kali ini akan saya lanjutkan yang part 2 nya,yeeeeee
Barang kali ada yang nungguin part 2 nya?wkwkwk
Langsung aja ya di tutorial part 2 ini saya akan memberikan
2 objek (Kotak dan segitiga)
CONTOH KODE/SCRIPT MEMBUAT OBJEK KOTAK :
Temen temen bisa copy paste kodenya
#include <windows.h>
#include <GL/glut.h>
void titik();
main(int argc, char** argv)
{
glutInit(&argc,argv);
glutInitWindowSize(500,500);
glutInitWindowPosition(100,100);
glutCreateWindow("kotak");
glutDisplayFunc(titik);
glutMainLoop();
}
void titik()
{ glClear(GL_COLOR_BUFFER_BIT);
glBegin(GL_LINES);
glColor3f(1.0,
1.0,1.0); //kiri
glVertex2f(0.1,
0.0);
glColor3f(1.0,
1.0, 1.0);
glVertex2f(0.1,
0.25);
glColor3f(1.0,
1.0,1.0); //Kanan
glVertex2f(0.35,
0.0);
glColor3f(1.0,
1.0, 1.0);
glVertex2f(0.35,
0.25);
glColor3f(1.0,
1.0,1.0); //Bawah
glVertex2f(0.1,
0.0);
glColor3f(1.0,
1.0, 1.0);
glVertex2f(0.35,
0.0);
glColor3f(1.0,
1.0,1.0); //Atas
glVertex2f(0.1,
0.25);
glColor3f(1.0,
1.0, 1.0);
glVertex2f(0.35,
0.25);
glPointSize(100.0f);
glEnd();
glFlush();
}
Akan menghasilkan output seperti dibawah ini :
PERINGATAN!!!
Sebelum saya lanjutkan, ada tanda yang mungkin sobat belum
ada yang tau, tanda double flash(//) tanda tersebut adalah tanda komentar atau
biasa digunakan untuk menandai pada kode untuk memberikan tanda agar tidak lupa
pada saat melanjutkan penulisan script, paham kagak sii dengan penjelasa
saya?;( saya sendiri juga bingung :v intinya tanda (//) adalah komentar.
KODE/SCRIPT MEMBUAT OBJEK SEGITIGA :
#include <windows.h>
#include <GL/glut.h>
void titik ();
main(int argc, char** argv)
{
glutInit(&argc,argv);
glutInitWindowSize(500,500);
glutInitWindowPosition(100,100);
glutCreateWindow("segitiga");
glutDisplayFunc(titik);
glutMainLoop();
}
void titik()
{
glBegin(GL_LINES);
glColor3f(1.1,
1.1,1.1); //bawah
glVertex2f(0.0,
0.0);
glColor3f(1.1,
1.1, 1.1);
glVertex2f(-0.40,
0.0);
glColor3f(1.1,
1.1,1.1); //kanan
glVertex2f(0.0,
0.0);
glColor3f(1.1,
1.1,1.1);
glVertex2f(-0.20,
0.3);
glColor3f(1.1,
1.1,1.1); //kiri
glVertex2f(-0.40,
0.0);
glColor3f(0.1,
1.0, 1.0);
glVertex2f(-0.20,
0.3);
glPointSize(50.0f);
glEnd();
glFlush();
}
Hasilnya seperti dibawah ini :
Sekian dulu tutorial dari saya, semoga bermanfaat ya, bakal ada part 3 nya gak nih kira yahooo??
Semoga aja ada ya,hehe.Dadaaaa,Assalamualaikum wr.wb.
Tutorial Membuat Objek Dengan OpenGL Menggunakan Dev C++ Part 2
Reviewed by @ikas
on
December 24, 2018
Rating:
yang part 3 kapan update gan?
ReplyDeletebikin objek pakek komputer duh rumitnya.....padal kalo bikin nya pakek alat (pensil&buku) cukup makan waktu beberapa detik dah jadi...lah ini harus pakek script2 yang amat sangat rumittttt
ReplyDeletetingkatkan!!!!
ReplyDelete