banner image

Ads Top

Tutorial Membuat Objek Dengan OpenGL Menggunakan Dev C++ Part 2


Halllllllo semuanya, Assalamualaikum.Apa kabar? Pasti baik kan, Alhamdulillah.
Ok guys, kali ini saya akan memberikan tutorial part 2, lanjutan tutorial yang mana hayoooo, hehe.Tutorial saya yang part 1 kemaren Dev C++ kali ini akan saya lanjutkan yang part 2 nya,yeeeeee
Barang kali ada yang nungguin part 2 nya?wkwkwk
Langsung aja ya di tutorial part 2 ini saya akan memberikan 2 objek (Kotak dan segitiga)





CONTOH KODE/SCRIPT MEMBUAT OBJEK KOTAK :
Temen temen bisa copy paste kodenya

#include <windows.h>
#include <GL/glut.h>
void titik();
main(int argc, char** argv)
{
                glutInit(&argc,argv);
                glutInitWindowSize(500,500);
                glutInitWindowPosition(100,100);
                glutCreateWindow("kotak");
                glutDisplayFunc(titik);
                glutMainLoop();
}
void titik()
{ glClear(GL_COLOR_BUFFER_BIT);
glBegin(GL_LINES);
                                                               
                                                                glColor3f(1.0, 1.0,1.0); //kiri
                                                                glVertex2f(0.1, 0.0);
                                                                glColor3f(1.0, 1.0, 1.0);
                                                                glVertex2f(0.1, 0.25);
                                                               
                                                                glColor3f(1.0, 1.0,1.0); //Kanan
                                                                glVertex2f(0.35, 0.0);
                                                                glColor3f(1.0, 1.0, 1.0);
                                                                glVertex2f(0.35, 0.25);
                                                               
                                                                glColor3f(1.0, 1.0,1.0); //Bawah
                                                                glVertex2f(0.1, 0.0);
                                                                glColor3f(1.0, 1.0, 1.0);
                                                                glVertex2f(0.35, 0.0);
                                                               
                                                                glColor3f(1.0, 1.0,1.0); //Atas
                                                                glVertex2f(0.1, 0.25);
                                                                glColor3f(1.0, 1.0, 1.0);
                                                                glVertex2f(0.35, 0.25);
                                                               
                                                                glPointSize(100.0f);
                                                                glEnd();
                                                                glFlush();
                                                }

Akan menghasilkan output seperti dibawah ini :


PERINGATAN!!!
Sebelum saya lanjutkan, ada tanda yang mungkin sobat belum ada yang tau, tanda double flash(//) tanda tersebut adalah tanda komentar atau biasa digunakan untuk menandai pada kode untuk memberikan tanda agar tidak lupa pada saat melanjutkan penulisan script, paham kagak sii dengan penjelasa saya?;( saya sendiri juga bingung :v intinya tanda (//) adalah komentar.


KODE/SCRIPT MEMBUAT OBJEK SEGITIGA :

#include <windows.h>
#include <GL/glut.h>

void titik ();
main(int argc, char** argv)
{
glutInit(&argc,argv);
glutInitWindowSize(500,500);
glutInitWindowPosition(100,100);
glutCreateWindow("segitiga");
glutDisplayFunc(titik);
glutMainLoop();
}
void titik()
{
                glBegin(GL_LINES);
                                                                glColor3f(1.1, 1.1,1.1); //bawah
                                                                glVertex2f(0.0, 0.0);
                                                                glColor3f(1.1, 1.1, 1.1);
                                                                glVertex2f(-0.40, 0.0);
                                                               
                                                                glColor3f(1.1, 1.1,1.1); //kanan
                                                                glVertex2f(0.0, 0.0);
                                                                glColor3f(1.1, 1.1,1.1);
                                                                glVertex2f(-0.20, 0.3);
                                                               
                                                                glColor3f(1.1, 1.1,1.1); //kiri
                                                                glVertex2f(-0.40, 0.0);
                                                                glColor3f(0.1, 1.0, 1.0);
                                                                glVertex2f(-0.20, 0.3);
                                                               
                                                                glPointSize(50.0f);
                                                                glEnd();
                                                                glFlush();
}

Hasilnya seperti dibawah ini :

Sekian dulu tutorial dari saya, semoga bermanfaat ya, bakal ada part 3 nya gak nih kira yahooo??
Semoga aja ada ya,hehe.Dadaaaa,Assalamualaikum wr.wb.

Tutorial Membuat Objek Dengan OpenGL Menggunakan Dev C++ Part 2 Tutorial Membuat Objek Dengan OpenGL Menggunakan Dev C++ Part 2 Reviewed by @ikas on December 24, 2018 Rating: 5

3 comments

  1. bikin objek pakek komputer duh rumitnya.....padal kalo bikin nya pakek alat (pensil&buku) cukup makan waktu beberapa detik dah jadi...lah ini harus pakek script2 yang amat sangat rumittttt

    ReplyDelete
  2. tingkatkan!!!!

    ReplyDelete

Video of the Day

About Me
Munere veritus fierent cu sed, congue altera mea te, ex clita eripuit evertitur duo. Legendos tractatos honestatis ad mel. Legendos tractatos honestatis ad mel. , click here →